Jumat, 29 Juni 2012

MENGAPA KRISTUS HARUS DATANG


Kedatangan Kristus yang kedua kali, adalah ajaran kitab suci yang penting. Mengapa Kristus harus kembali?




1. Untuk siapa Kristus datang? Jawab: “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Dirumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakanNya kepadamu. Sebab Aku pergi kesitu untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi kesitu dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya ditempat dimana aku berada, kamupun berada.” Yohanes 14:1-3

Catatan: Ketika Kristus meninggalkan dunia ini Dia pergi menyediakan tempat supaya semua umatNya satu hari kelak dapat tinggal bersama-sama. Apabila persediaan itu selesai dan Ia kembali kemudian umatNya akan dikumpulkan oleh malaikat-malaikat. “Dan Ia akan menuruh keluar malaikat-malaikatNya dengan menyiup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihanNya dari ke empat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu keujung langit yang lain.” Matius 24:31.



2. Ketika Kristus datang apa yang dibuatNya bagi orang-orang suci yang tidur dalam kematian? Jawab: “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit.” I Tesalonika 4:16



3. Karena beberapa dari umat Allah akan hidup, tidak pernah meresakan kematian, pada kedatangan Tuhan apa yang akan dilakukan Kristus? Jawab: “Sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan diangkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.” I Tesalonika 4:17. Catatan: Kepada orang-orang yang dibangkitkan dan orang-orang suci yang hidup akan diberikan kekekalan pada kedatangan Tuhan. “Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia; kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.” I Korintus 15:51-53.



4. Apa maksud lain dari kedatangan Kristus? Jawab: “Dihadapan allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi pernyataaNya dan demi kerajaaNya.” II Timotius 4:1.



5. Bagaimana orang-orang benar diberi upah pada kedatangan Kristus ? Jawab: “Demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diriNya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan DiriNya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugrahkan keselamatan kepada mereka yang menantikan Dia.” Ibrani 9:28. “Maka pemerintahan kekuasaan dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan dibawah semesta langit akan diberikan kepada orang-orang kudus, umat yang maha tinggi, pemerintahan mereka adalah pemerintahan yang kekal, dan segala kekuasaan akan mengapdi dan patuh kepada mereka.” Daniel 7:27.



6. Pada kedatanganNya apa Dia lakukan kepada orang-orang jahat? Jawab: “Dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diriNya bersama-sama dengan malaikat-malaikatNya, dalam kuasaNya didalam api yang bernyala-nyala dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati injil Yesus Tuhan kita.” II Tesalonika 1:7, 8. “Dan semua bangsa telah marah, tetapi amarahMu telah datang dan saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hambaMu, nabi-nabi dan orang-orang kudus, dan kepada mereka yang takut akan namaMu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar, dan untuk membinasakan barang siapa yang membinasakan bumi.” Wahyu 11:18.



7. Apa hubungan kedatanganNya dengan dunia ini ? Jawab: Catatan: Kristus telah membeli dunia ini dan adalah maksudNya untuk mengembalikannya kepada keindahannya yang semula. “Tetapi sesuai dengan janjiNya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru dimana terdapat kebenaran.” II Petrus 3:13. “Orang-orang benar akan mewarisi negeri dan tinggal disana senantiasa.” Mazmur 37:29.



8. Apa rencana Allah sehubungan dengan segala sesuatu yang hilang karena Dosa? Jawab: “Agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, da mengutus Yesus yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus. Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabiNya yang kudus di zaman dahulu.” Kisah 3:20-21.




  • Catatan: Kedua fasal alkitab yang terakhir menunjukkan gambar dunia yang dibaharui dengan orangorang tebusan yang tinggal diatasnya. Kedatangan Kristus menyediakan jalan pembuatan dunia baru ini yang akan ditempati umat Allah untuk selam-lamanya. “Berbahagialah orang-orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.” Matius 5:5.




9. Apa jabatan Kristus apabila Dia kembali lagi ? Jawab: “Lalu aku melihat sorga terbuka; sesunggunya, ada seekor kuda putih, dan ia yang menungganginya bernama “Yang Setia dan Yang Benar,” Ia menghakimi dan berpegang dengan adil. Dan mataNya bagaikan nyala api dan diatas kepalaNya terdapat banyak mahkota dan padaNya ada tertulis satu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali ia sendiri. Dan Ia maemakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan namaNya ialah: Firman Allah.” Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia, mereka menuggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih. Dan dari mulutNya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan mengebalkan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Maha Kuasa. Dan pada jubahNya dan pahaNya tertulis suatu nama, yaitu: “Raja segala raja dan Tuhan diatas segala tuan.” Wahyu 19:11-16.




  • KESIMPULAN

Kerajaan oleh mana Kristus akan memerintah akan kekal selama-lamanya: “Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan ayng tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain: Kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya.” Daniel 2:44. “Dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakup samapai selam-lamanya dan kerjajaanNya tidak akan berkesudahan.” Lukas 1:33. Karena semua hal yang indah ini akan dihasilkan oleh kedatangan Kristus itu adalah benar-benar suatu harapan yang berbahagia. Kita tidak dapat menahan kecuali menyerukan, “Amin, Datanglah, Tuhan Yesus!” Wahyu 22:20.





6. BAGAIMANA TENTANG KEBANGKITAN?




  • Pengharapan dalam kebangkitan telah menjadi kepercayaan manusia sejak zaman dahulu. Dalam kebangkitan tidak akan ada hidup masa mendatang. Buku Ayub adalah buku yang paling tua dalam Alkitab. Penulis buku ini menunjukkan Ayub memberikan dan menjawab pertanyaan tentang hidup mendatang. Dia katakan “Kalau manusia mati, dapatkah ia hidup lagi? Maka aku akan menaruh harap selama hari-hari pergumulanku, sampai tiba giliranku, maka Engkau akan memanggil dan akupun akan menyahut, Engkau akan rindu dengan buatan tanganMu.” Ayub 14:14, 15.



  • Ayub mengakui bahwa harapan kebangkitan tergantung kepada kedatangan Kristus kedunia untuk kedua kalinya pada zaman akhir. “Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu. Juga sesudah kulit tubuhku sangat rusak, tanpa dagingkupun aku akan melihat Allah yang aku sendiri akan melihat memihak kepadaku, mataku sendiri menyaksikanNya dan bukan orang lain. Hati sanubariku merana karena rindu.” Ayub 19:25-27.




10. Kapan Daud berharap melihat rupa Allah? Jawab: “Tetapi aku, dalam kebenaran akan kupandang wajahMu , dan pada waktu bangun aku akan menjadi puas dengan rupaMu.” Mazmur 17:15.



11. Apa yang telah dijanjikan Allah kepada orang-orang suciNya yang tertidur itu? Jawab: “Sebab engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar.” Lukas 14:14 bagian akhir.



12. Siapa pengharapan orang Kristen? Jawab: “Jawab Yesus: “Akulah kebangkitan dan hidup, barang siapa yang percaya kepadaku ia kan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepadaKu, tidak akan mati selama-lamanya.” Yohanes 11:25-26. “Aku adalah Yang Hidup, Aku telah mati, namun lihatlah Aku hidup, sampai selama-lamanya. Amin. Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.” Wahyu 1:18.



13. Berapa kebangkitan disebutkan Kristus? Kebangkitan apa namanya? Jawab: “Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba bahwa semua orang yang didalam kuburan akan mendenar suaraNya, dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk di hukum.” Yohanes 5:28,29. Baca Kisah 24:15



14. Bagaimana pentingnya kebangkitan itu ? Jawab: “Jadi, bilamana kami beritakan, bahwa Kristus dibangkitkan dari orang mati, bagaimana mungkin ada diantara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati? Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. Tetapi andai kata Kristus tidak dibangkitkan maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu. Lebih dari pada itu kami ternyata berdusta terhadap Allah, karena tentang Dia kami katakan, bahwa Ia telah membangkitkan Kristus, pada hal Ia tidak membangkitkanNya, kalau andai kata benar bahwa orang mati tidak dibangkitkan. Sebab jika benar orang mati tidak dibangkitkan, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. Demikianlah binasa juga orang-orang mati dalam Kristus jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia.” I Korintus 15:12-19.




  • Catatan: Pengharapan kebangktan orang-orang percaya didasarkan pada kebangkitan Kristus. Keduanya saling berhubungan. Kebangkitan Kristus adalah peristiwa yang paling penting yang pernah terjadi. Jika kebenaran yang besar ini dapat di rubuhkan maka semua kebenaran yang lain tidak akan berguna.




15. Apa sifat-sifat dari orang-orang yang keluar pada kebangkitan pertama? Jawab: “Berbahagialah dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia 1000 tahun lamanya.” Wahyu 20:6. Catatan: Apabila orang benar yang mati dibangkitkan mereka menjadi imam-imam Allah dan memerintah dengan Kristus selama 1000 tahun ini adalah mengenapi janji Kristus, “Barang siapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku diatas takhtaKu, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan BapaKu diatas takhtaNya.” Wahyu 3:21.



16. Peristiwa apa yang menandai waktu kebangkitan yang pertama ? Jawab: “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangka kala Allah akan berbunyi; maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dari mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit.” I Tesalonika 4:16. Catatan: Dengan hati-hati Paulus menunjukkan bahwa semua orang benar pergi bersama Kristus pada waktu yang sama. “Ini kami katakan kepadamu dengan Firman Tuhan: Kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal.” I Tesalonika 4:15. Semua orang benar yang dibangkitkan bersama-sama dengan orang-orang yang suci yang hidup, “menyongsong Tuhan diangkasa pada waktu yang sama. Baca I Tesalonika 4:17.




  • KESIMPULAN


Tuhan ingin supaya kita memahami apa yang dapat diharapkan mengenai orang-orang benar yang tidur dalam kematian menunggu panggilan pemberi hidup itu pada kedatangan Tuhan. Kita tidak perlu susah seperti orang-orang lain. Dasar pengharapan dan penghiburan kita ialah kebangkitan. Baca I Tesalonika 4:15. Betapa suatu pengharapan yang sangat indah! Tidak mengalami kematian, kemuliaan , kekuasaan, keabadian --- semua ini pada kebangkitan. Baca I Korintus 15:42-44, 51– 53. “Karena itu, saudar-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.” I Korintus 15:58.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar