Jumat, 29 Juni 2012

KEDATANGAN KRISTUS KEDUA KALI



Janji dan ikrar manusia, walaupun dibuat dengan iman yang baik sering gagal. Tetapi janji Allah tidak akan pernah gagal. Rasul Petrus menyatakan, “Tuhan tidak lalai menepati janjiNya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian.” II Petrus 3:9. Mengenai janji kedatang Tuhan kita ke dunia ini kita baca, “Sebab sedikit bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, akan segra datang, tanpa menundanya lagi.” Ibrani 10:37. Sejak zaman dulu kebenaran kedatangan Kristus yang ke dua kali sudah dipercayai dan diajarkan. Misalnya, Henokh, Ayub, Abraham, Daud, dan Yesaya semuanya menubuatkan tentang kedatangan Tuhan kita. Yudas 14; Ayub 19:25-27; Ibrani 11:8-16; Mazmur 102: 16; Yesaya 25:9.
 Bagaimana pastinya kedatangan Kristus itu? Jawab: “Dan apabila Aku telah pergi kesitu dan telah menyediakan tempat bagimu, akau akan datang kembali dan membawa kamu ketempatKu, supaya di tempat dimana Aku berada, kamupun berada.” Yohanes 14:3. Baca Ibrani 9:28; Kisah 1:9-11.


 Apa dikatakan Kristus kepada ahli Taurat dan Farisi tentang kedatanganNya ? Jawab: “Dan Aku berakata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!” Matius 23:39.


 Pada waktu pengadilanNya apa yang dijanjikan Kristus tentang kedatanganNya? Jawab: “Jawab Yesus: engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk disebelah kanan Yang Maha Kuasa dan datang diatas awan-awan dilangit.” Matius 26:64.



Jaminan apa diberikan Yesus kepada Yohanes tentang kedatanganNya? Jawab: Dia ulangi tiga kali kebenaran kedatanganNya yang kedua kali: “Sesungguhnya Aku datang segera.” “Ya Aku datang segera!” Wahyu 22:7, 12, 20. Catatan: Kesaksian seragam tentang Kristus ini cukup untuk meyakinkan semua orang bawha Kristus akan datang kembali. Tidak ada keraguan disini. Yesus akan kembali.




  • KESIMPULAN


Beberapa kali rasul Paulus menyebutkan kedatangan Kristus dalam bukunya. Dalam Perjanjian Baru saja banyak referensi yang berisi pernyataan-pernyataan yang membuktikan kebenaran bahwa Kristus akan kembali. Rasul itu menasehatkan, “Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kedatangan Tuhan! …. Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat.” Yakobus 5:7, 8.




  •  KEADAAN DUNIA MERAMALKAN KEDATANGAN KRISTUS




Bukankah suatu iman yang buta untuk mempercaya kedatangan Kristus yang segera. Alkitab mencatatat banyak tanda-tanda kedatanganNya. Tanda-tanda itu akan terjadi “diberbagai tempat.” Matius 24:7. Tanda-tanda kedatangan Kristus ini akan menjadi nyata dalam dunia politik, ekonomi, ilmu pengetahuan, dan agama yang memungkinkan seluruh masyarakat sadar akan peristiwa-peristiwa dunia yang terakhir.


 Ketika murid-murid itu datang kepada Yesus dengan pertanyaan, Bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatanganMu dan tanda kesudahan dunia?” (Matius 2:3) apa jawabnya? Jawab: Catatan: Murid-murid itu menganggap kejatuhan Yerusalem dan akhir dunia adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi secara serentak. Oleh sebab itu Kristus memberikan keadaan yang dapat mereka lihat yang akan memberitahukan kedua peristiwa ini. Kita hanya memperhatikan keadaan-keadaan yang meramalkan kedatangan Kristus ke dunia. Tanda-tanda kedatangan Kristus akan kelihatan di langit, diatas dunia, dan dalam hati pria dan wanita. “Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapai deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaanNya.” Lukas 21:25-27.



 Tiga tanda apa kelihatan dilangit sebelum kedatangan Yesus? Jawab: “Segera sesudah siksaan pada masa itu, mata hari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya, dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu akan tampak anak manusia itu datang diatas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaanNya.” Matius 24:29, 30.

Catatan : Ayat-ayat lain yang akan diselidiki ialah Yoel 3:15 dan Wahyu 6:12, 13. Masa pengianyaan dari tahun 538 – 1798 Tarikh Masehi yang terkenal dengan abad kegelapan ketika terjadi persatuan gereja dan negara. Pada waktu itu anyak penganyaan. Penganyaan umum berhenti pada tahun 1773 kira-kira 25 tahun sebelum 1798. Mengapa? Itu disebabkan reformasi yang memberikan Alkitab dan Injil kepada orang-orang dan kesembapatan untuk kebebasan beragama di Amerika.



 Kapan tanda-tanda dilangit terjadi? Jawab: Yesus dengan tepat meramalkan bahwa “pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya.” Markus 13:24. Catatan: Betapa tepat ramalanNya itu! Tanda pertama dilangit mulai diketahui orang sesudah zaman penganiayaan berakhir dan langit “Pada masa itu” atau sebelum tahun 1798. Tanggal 19 Mei 1780 matahari gelap. Ini tertulis dalam sejarah. Pada malam itu bulan menyerupai darah. Dan seperti yang diramalkan pancaran meteor yang sangan besar yang pernah tercatan dalam sejarah diteliti pada malam tanggat 13 November 1833. Langit tampaknya menyala diatas Amerika Utara hingga keselatan Mexico dan pulau Zamaica. Orang –orang menjadi percaya bahwa hari penghakiman telah tiba.



 Bagaimanakah keadaan dunia ini sebelum kedatangan Kristus kedua Kali? Jawab: Catatan: Keadaan dunia terbagi dalam 5 kategori: Politik, Ekonomi, Ilmu Pengetahuan, Agama dan Fisik.


  • Bagaimana keadaan politik?

“Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang …….. sebab semuanya itu harus terjadi; tetapi itu belum kesudahannya. Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan.” Matius 24:6, 7. Baca juga Wahyu 11 : 18 dan Yoel 3 : 9-14.

Catatan: Alkitab berhati-hati untuk meramalkan bahwa pada waktu amarah dan persiapan perang akan banyak usaha untuk perdamaian …….. “Apabila mereka mengatakan, semuanya damai dan aman – maka tiba-tiba mereka di timpa oleh kebinasaan.” I Tesalonika 5:2, 3. Baca Yeremia 6:14.




  • Bagaimana Allah melukiskan keadaan ekonomi seluruh dunia?

“Jadi sekarang hai kamu orang-orang kaya, menagislah dan merataplah atas sengsara yang akan menimpa kamu! Kekayaanmu sudah busuk, dan pakaianmu telah dimakan ngengat! Emas dan perakmu sudah berkarat, dan kekaratannya akan menjadi kesaksian terhadap kamu dan akan memakan dagingmu seperti api. Kamu telah mengumpulkan harta pada hari-hari yang sedang berakhir. Sesungguhnya telah terdengar teriakan kasar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu. Dalam kemewahan kamu telah hidup dan berfoya-foya di bumi, kamu telah memuaskan hatimu sama seperti hari penyembelihan. Kamu telah menghukum, bahkan membunuh orang yang benar dan ia tidak dapat melawan kamu.” Yakobus 5:1-4.

  • Tanda-tanda apa akan terjadi dalam dunia agama?
Petrus mengatakan akan tampil pengejek-pengejek. “Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya. Kata mereka: “Dimanakah janji tentang kedatangannya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia di ciptakan.” II Petrus 3:3-4.




  • Paulus menyebutkan 19 dosa yang lazim terdapat.


“Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak memperdulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka menghianati, tidak berfikir panjang, berlayak tahu, lebih menuruti hawa nafsu, dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!” II Timotius 3:1-5.




  • Yesus mengatakan akan ada kekurangan iman dan kasih.


“Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika anak manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?” Lukas 18:8. “Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebnyakan orang akan menjadi dingin.” Matius 24:12. Yang terbesar dari segala tanda dekatnya kedatangan Kristus ialah pemberitaan injil diseluruh dunia. “ Dan injil kerajaan ini akan diberitakan diseluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah kesudahannya.” Matius 24:14.




  • Akan ada penyesatan. “Jawab Yesus kepada mereka:


Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! …. Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang sebab mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.” Matius 24:4-11, 24.



Apa yang dapat kita harapkan terjadi dalam dunia fisik?
“ …….. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.” Matius 24:7






  • KESIMPULAN


Sebagai tambahan kepada tanda-tanda dilangit dan di bumi, hati manusia akan ketakutan. “Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini.” Lukas 21:26. Apabila keadaan ini diselidiki terdapatlah petunjuk bahwa kedatangan Tuhan “bahkan sudah dipintu.” Baca Matius 24: 32-34. Mari kita perhatikan nasehat Kristus: “Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.” Matius 24:42.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar